DREAM IS DREAM


SELAMAT DATANG SAHABAT BLOGER

Minggu, 10 Mei 2015

Berbagai Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Pengobatan tradisional dengan menggunakan media tumbuhan merupakan metode pengobatan tertua yang dikenal oleh manusia. Metode pengobatan ini dikenaldengan nama fitoterapi atau yang oleh orang Indonesia biasa disebut dengan pengobatan alternatif.


Salah satu bahan herbal yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan fitoterapi adalah daun binahong. Binahong (Basella rubra Linn) sendiri merupakan tanaman merambat yang banyak tumbuh di daratan China dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini memang masih sedikit asing bagi orang Indonesia. Namun meskipun begitu, binahong sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh orang Vietnam dan Tiongkok sejak ribuan tahun yang lalu. Manfaat daun binahong yang beragam telah menjadikan tanaman ini sebagai makanan wajib bagi setiap gerilyawan Vietnam yang akan berangkat perang.

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Selain daunnya, seluruh bagian tanaman binahong, mulai dari umbi hingga batangnya sebenarnya dapat diolah menjadi obat tradisional. Tanaman yang memiliki nama lain gendola ini terkenal karena kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta potasiumnya yang sangat tinggi. Daun binahong juga mengandung banyak protein, yaitu 2 gram protein per 100 gram daun binahong. Hal ini menjadikan manfaat daun binahong menjadi sangat banyak bagi kesehatan.
  1. Menyembuhkan Maag Daun binahong memiliki kandungan senyawa etanol serta protein dalam jumlah tinggi yang dapat berguna untuk menutup luka yang diakibatkan oleh maag. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun binahong dalam 2 gelas air putih. Rebus sampai mendidih lalu minum air rebusan daun binahong ini saat sudah dingin. Saat meminum air sari binahong ini perut biasanya akan terasa perih dan panas. Namun jangan khawatir, rasa perih tersebut hanyalah reaksi akibat luka dalam yang diakibatkan oleh asam lambung.
  2. Mengobati Luka Luar Selain dapat menyembuhkan luka dalam yang diakibatkan oleh maag, daun binahong juga cukup efektif untuk mengobati luka luar, seperti luka memar dan berdarah. Daun binahong mengandung asam askrobat yang memiliki sifat sebagai antimikroba yang dapat mencegah infeksi pada luka. Cara pemanfaatannya cukup dengan mengompres bagian tubuh yang luka dengan daun binahong yang sudah dihaluskan.
  3. Mencegah dan Mengobati Diabetes Daun binahong diketahui memiliki kandungan fenol dan asam askrobat yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Dua senyawa kimia dalam daun binahong ini juga terbukti ampuh untuk mengobati dan mencegah diabetes karena memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar glukosa di dalam darah. Cara pemanfaatannya yaitu dengan meminum air sari daun binahong seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.
  4. Menjaga Kesehatan Kulit Kandungan protein dan berbagai macam zat antioksidan dalam daun binahong dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Daun binahong yang dihaluskan dapat digunakan sebagai masker dan lulur kulit yang terbukti dapat menghilangkan kerutan serta mengangkat noda dan kulit mati dari permukaan kulit. Anda dapat menghaluskan 20-30 lembar daun binahong, campur sedikit air, lalu gunakan sebagai masker wajah setiap akan tidur.

Manfaat Lain Tanaman Binahong

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa seluruh bagian tubuh binahong, dari ujung daun hingga umbinya dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Sebuah uji labolatorium oleh FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menunjukkan bahwa ekstrak tanaman binahong memiliki kandungan berbagai zat gizi seperti: protein, serat, lignin, selulosa, NDF, dan ADF. Kandungan senyawa-senyawa kimia ini membuat binahong dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti:
  • Kencing manis
  • Radang usus
  • Patah tulang
  • Muntah darah
  • Gangguan pernapasan
  • Diare
  • Gusi berdarah
  • Sariawan
  • Ambeien
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: