DREAM IS DREAM


SELAMAT DATANG SAHABAT BLOGER

Selasa, 12 Mei 2015

Jangan Lakukan 6 Hal ini Setelah Makan! BAHAYA !

Setiap orang tentu punya kebiasaan dan cara berbeda yang dilakukan setelah selesai makan. Ada yang duduk santai sambil makan dessert, minum kopi, atau bahkan ngemil makanan ringan lainnya.

Meskipun kebiasaan tersebut terkesan sepele, namun banyak diantaranya yang kontraproduktif dengan tujuan awal anda makan, dengan sirkulasi tubuh Anda, dan pada akhirnya membahayakan kesehatan. 

Para ahli telah memberikan saran dan peringatan dengan menyusun daftar kegiatan yang tidak boleh Anda lakukan setelah makan. Jika Anda ingin menjaga tubuh anda tetap sehat, hindari melakukan 6 hal ini setiap hari setelah anda makan:

1. Makan buah
Ini yang sering terjadi, menyantap buah sehabis makan besar sebagai cuci mulut! Banyak orang mengatakan bahwa buah adalah makanan penutup yang menyehatkan. Padahal buah merupakan jenis makanan yang dapat dicerna dengan cepat, jadi jika kita mengonsumsinya langsung setelah makan, mereka akan diam lama di perut, terfermentasi dan menyebabkan gas serta racun yang dapat menyebabkan selulit.

Waktu terbaik makan buah yakni satu atau dua jam sebelum makan. Jadi, makan buah pada saat perut kosong. Hal ini juga dapat menghindari anda dari makan berlebihan.

2. Melonggarkan sabuk
Hampir semua dari kita memiliki kebiasaan ini, padahal hal ini dapat menyebabkan belitan pada usus dan dapat memperlambat pencernaan. Tapi, ada alasan lain untuk berhenti melakukan hal ini - setelah melonggarkan ikat pinggang, Anda makan lebih banyak makanan!

3. Minum Teh
Minum teh setelah makan akan mengganggu organ pencernaan karena daun teh bersifat asam sehingga memengaruhi kemampuan tubuh mencerna makanan. Asam dari teh juga membuat protein yang kita asup lebih sulit dicerna.

Teh juga mengandung polifenol dan tanin yang mengikat zat besi dalam makanan dan membuatnya sulit diserap tubuh. Padahal, bagi ibu hamil dan anak-anak zat besi adalah mineral penting.

4. Tidur
Tidur segera setelah makan sangat tidak baik untuk pencernaan anda, karena dalam posisi berbaring asam lambung dalam perut tidak dapat bekerja dengan baik. Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, seiring waktu hal ini dapat mendatangkan masalah pada pencernaan anda selain tentunya ancaman perut buncit dan kegemukan.

5. Mandi/Berenang
Benar apa yang orang tua kita bilang. Mereka melarang kita langsung menceburkan diri ke kolam atau ke pantai saat liburan sementara kita baru selesai makan. 

Para ahli memperingatkan bahwa hal yang sama berlaku untuk mandi. Hal ini karena, air dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, terutama tangan dan kaki. Sementara setelah makan darah memasuki perut di mana pencernaan terjadi. Aliran darah ini dibutuhkan untuk memastikan sistem pencernaan berfungsi secara optimal. Sehingga kedua hal bisa 'membingungkan' bagi tubuh anda dan lambat laun mendatangkan gangguan pada pencernaan.

6. Merokok
Sehabis makan sistem pencernaan bekerja pada seluruh tubuh, dan jika anda langsung merokok maka oksigen dalam darah akan langsung mengikat nikotin, dan menyerapnya dengan lebih mudah.

Inilah mengapa ada pendapat yang mengatakan bahwa merokok satu batang setelah makan setara dengan merokok 10 batang. Walau hal itu masih diperdebatkan, tapi merokok pada waktu apa pun sebenarnya memang buruk bagi kesehatan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: